TheMandalikaGP

Dorna Umumkan Indonesia Masuk Dalam Kalender MotoGP 2021

THEMANDALIKAGP – Setelah 22 tahun absen, Indonesia kembali masuk dalam Kalender balap motor MotoGPTM 2021. Dorna Sports S.L, promotor MotoGP pada Jumat (6/11) secara resmi telah mengumumkan Provisional Calendar 2021 (Kalender MotoGPTM 2021) untuk musim depan.

“Pengumuman kalender ini menjadi kabar yang menggembirakan bagi Tim di tengah pandemi Covid-19” kata Ricky Baheramsjah, CEO Mandalika Grand Prix Association (MGPA), penyelenggara Indonesian GP 2021. Ricky bersyukur DORNA mempercayai Tim kami ditengah situasi yang tidak pasti ini. Untuk itu Ricky bertekad untuk mewujudkan event ini pada tahun 2021.

Dalam pengumuman Provisional Calendar 2021 oleh DORNA tersebut, Indonesia masuk dalam reserve date, dimana Indonesia diberikan perlakuan khusus yaitu Indonesia menentukan sendiri kapan waktu pelaksanaan yang terbaik menurut MGPA.

Reserve date memang tidak umum, hanya Negara tertentu yang bisa mendapat perlakukan khusus ini. Situasi dunia akibat pandemic Covid-19 masih belum bisa diprediksi 6 bulan kedepan. Dengan adanya reserve date, Indonesia akan memiliki waktu yang fleksibel untuk melihat apakah tanggal tersebut nantinya akan sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada. “Fokus kami tetap sama yaitu menyelesaikan konstruksi dan proses homologasi serta kesiapan operasional untuk 2021” tambah Ricky.

Lebih lanjut Chief Strategic and Communication Officer Happy Harinto mengatakan “Kami bersyukur apa yang selama ini dinanti- nanti masyarakat di seluruh penjuru Indonesia, akhirnya datang juga yaitu pengumuman penting Indonesia resmi ditunjuk menjadi tuan rumah Indonesian GP 2021.”

Menurut Happy, event ini akan sangat bagus bagi Indonesia dan akan menimbulkan effect yang sangat penting yaitu sebagai Country Branding, Tourism Indonesia dan Multiplier effect untuk sektor ekonomi. Kepada pemerintah Indonesia, Happy berterimakasih atas segala bantuan khususnya dalam persiapan untuk mensukseskan balapan roda dua yang paling akbar dimuka bumi.

“Kami tetap berpikir positif bahwa pandemi global akan menurun bersama dengan upaya pengembangan dan ketersediaan vaksin Covid-19. Kami paham bahwa ini hanya persoalan waktu sebelum kita kembali ke masa kehidupan normal, terutama terkait dengan event olahraga yang akan membawa ratusan ribu penonton” tambah Happy.

Lebih lanjut, Happy menyampaikan MGPA akan mengadakan pengumuman lanjutan dalam waktu dekat ini, terutama untuk hal–hal penting yang harus diketahui masyarakat yang berhubungan dengan Indonesian GP 2021 di Mandalika.
Direktur Pengembangan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Edwin Darmasetiawan menyatakan, “Kami sangat bersyukur dengan terpilihnya Indonesian GP menjadi salah satu seri baru MotoGP pada musim balapan 2021. Dengan adanya kepastian ini semakin melecut semangat dan meneguhkan komitmen kami untuk menyelesaikan pembangunan Jalan Khusus Kawasan (JKK) The Mandalika sesuai jadwal sehingga dapat digunakan sebagai venue penyelenggaraan Indonesian GP 2021. Kami optimistis dengan dukungan semua pihak, pembangunan akan selesai sesuai target yaitu pada pertengahan tahun depan (Juni 2021)”.

Konstruksi Jalan Kawasan Khusus (JKK) Street Circuit tetap berlangsung dan pekerjaan ini menjadi tonggak penting bagi PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) sebagai pelaksana JKK di KEK Mandalika yang hingga saat ini masih menyelesaikan JKK (Street Circuit) hingga Juni 2021.
Saat ini, pembangunan JKK terus berjalan dan telah memasuki fase lapis perkerasan, pada item subbase dan prime coat. Pekerjaan groundwork sudah mencapai 87,5 % dan ground improvement 97,31% dan progres pembangunan JKK untuk lapis perkerasan telah mencapai 23,77 %

Penyelesaian pembangunan JKK ini dilakukan dengan menggandeng PT PP (Persero) Tbk yang merupakan BUMN jasa konstruksi terintegrasi. ITDC meyakini PT PP sebagai BUMN Konstruksi terkemuka di Indonesia, akan mampu menghadirkan JKK sebagai sebuah lintasan balap berkualitas Internasional yang sesuai dengan standar yang ditentukan oleh Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) dan dapat selesai sesuai jadwal.

Dalam masa Pandemi ini, pembangunan JKK dilaksanakan dengan selalu mematuhi tata laksana/protokol pencegahan penyebaran Covid-19 yang dikeluarkan Pemerintah yaitu dengan menjaga sanitasi dan tingkat hygene lingkungan, pemeriksaan suhu tubuh, membiasakan mencuci tangan, penggunaan APD serta penerapan physical distancing.
“Kami berterima kasih kepada Forkopimda Provinsi NTB dan Kabupaten Lombok Tengah, Kementrian/Lembaga, sejawat BUMN atas dukungannya selama ini sehingga semua proses dapat berjalan dengan baik. Sekaligus kami mohon doa dari semua pihak agar kegiatan pembangunan JKK terus berjalan lancar tanpa halangan sehingga kita bersama akan dapat menyaksikan event balap motor bergengsi MotoGP di The Mandalika tahun depan,” ujar Edwin.

TautanMotoGP Provosional Calendar

Post a Comment