MotoGP

Direktur DZE Asia Sambangi Race Control Pertamina Mandalika International Circuit

11 Aug 2022 | 03:47 AM

Direktur DZE Asia, Marco Scaioli menyambangi race control Pertamina Mandalika International Circuit beberapa waktu lalu. Scaioli memberikan pelatihan kepada tim Mandalika Grand Prix Association - IMI dan beberapa mahasiswa dari Universitas Mataram.

Scaioli diketahui memberikan materi soal Race Electronic yang terdiri dari, Topology System, CCTV, Race Control Equipment, Networking, Radio Communication, Public Address, Timing Loop, dan lain sebagainya.

Lalu, apa saja bagian di race control sebuah sirkuit?

Race control ditempatkan di bangunan tersendiri yang bisa melihat keseluruhan trek. Race control memiliki hardware dan software yang mengontrol timing system ketika balapan.

Pimpinan balapan, Clerk of Course (CoC), dan para petugas yang bertugas mengawasi balapan dapat mengikuti setiap momen pembalap, mulai dari keluar garasi pit sampai kembali lagi ke garasi.

Jumlah kamera yang dipasang di trek pun fleksibel, bergantung pada kebutuhan balapan, apakah Pertamina Mandalika International Circuit menggelar World Superbike, MotoGP atau ajang balapan motor lain.

Ada puluhan kamera yang dipasang. Kamera-kamera tersebut terletak di sisi luar dan dalam lintasan. Misal ada kejadian kecelakaan atau crash, kamera bisa langsung berputar, melakukan rotate, zoom close up secara otomatis.

Selain itu, para pimpinan lomba, pimpinan Marshal, pimpinan medis pun bisa saling berkomunikasi dengan anggota mereka di lapangan lewat dua Handy Talky (HT) yang mempunyai fungsi berbeda jika terjadi kecelakaan.