Superbike

Kilas Balik World Superbike 2021 Pertamina Mandalika International Circuit

11 Aug 2022 | 03:54 AM

Balapan motor pertama yang diselenggarakan di Pertamina Mandalika International Circuit yaitu World Superbike (WSBK), bulan November 2021 lalu. Menyoal kilas balik WSBK, banyak momen-momen unik dari para pembalap karena baru pertama kali menginjakkan kaki di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

World Superbike pun bakal kembali digelar di Pertamina Mandalika International Circuit tanggal 11-13 November mendatang. Saat WSBK Mandalika tahun lalu, pembalap asal Turki, Toprak Razgatlioglu keluar sebagai juara dunia.

Berikut momen-momen unik para pembalap saat berada di Lombok maupun ketika hendak mengaspal di sirkuit.

1. Pembalap Yamaha MS Racing Isi Bensin Eceran

Dua pembalap Yamaha MS Racing, Dani Valle dan Unsi Ordre sempat mengisi bensin eceran di salah satu rumah warga saat berkeliling kampung. Melihat momen tersebut, tak sedikit ibu-ibu yang ingin berfoto dengan mereka.

2. Toprak Bantu Warga Potong Rumput

Juara dunia WSBK 2021, Toprak Razgatlioglu pun waktu itu sempat membantu para petani di dekat Sirkuit Mandalika memotong rumput. Momen ini diabadikan sesaat sebelum Toprak melakukan race 1.

3. Pembalap WSPP Mandi Hujan

Selain menggelar World Superbike, Pertamina Mandalika International Circuit juga menggelar balap motor WorldSPP. Saat itu, sirkuit diguyur hujan lalu dimanfaatkan salah satu pembalap WSPP, Jules Cluzel untuk mandi hujan.

Tingkah ‘kocak’ Cluzel ini dinilai wajar karena sebelum hujan turun, Sirkuit Mandalika diterjang Matahari yang cukup terik. Melihat Cluzel mandi hujan, Toprak Razgatlioglu pun membantu Cluzel dengan mencuci rambut pembalap Yamaha tersebut.

4. Ada Penonton Kelas ‘VIP’

Di dekat Pertamina Mandalika International Circuit merupakan wilayah perbukitan yang bisa dijangkau masyarakat. Pada WSBK Mandalika tahun lalu, tidak sedikit masyarakat yang menonton secara ‘gratis’.

Sebab, mereka menonton di atas bukit yang langsung menghadap ke sirkuit. Alhasil, para penonton tersebut masuk kategori Very Important Person atau VIP

5. Anak-anak Terekam Kamera Sedang Mandi Hujan

Momen unik terakhir yang terekam kamera saat pertandingan World Superbike Mandalika tahun lalu yaitu ada dua anak kecil yang sedang asyik bermain air saat sirkuit diguyur hujan deras.

Tentunya momen tersebut sangat jarang ditemui di balapan-balapan WSBK sebelumnya. Selagi asyik bermain air, mereka juga melakukan gerakan akrobatik yaitu push up.