TheMandalikaGP

Tunnel Selesai 100%! Begini Kondisi Sirkuit Januari 2021

THEMANDALIKAGP – Sejak akhir Desember 2020 hingga awal Januari 2021 progres pembangunan Mandalika International Street Circuit sudah mencapai 42,98%. Pekerjaan yang telah dan sedang berlangsung saat ini antara lain pengaspalan service road yang sudah mencapai 1.450 meter, pekerjaan tunnel yang sudah 100% dan pemasangan drainase.

Pengaspalan hingga saat ini terus dilakukan, untuk pengaspalan service road termasuk bagian inner dan outer sendiri sudah mencapai 1.450 meter. Pengaspalan ini tentunya menggunakan 2 set aspal finisher yang dilanjut dengan alat pemadat tandem roller serta pneumatic tyre roller. Tidak ketinggalan penggunaan alat ukur Milimeter GPS Topcon untuk mengatur elevasi atau ketinggian permukaan aspal.

Sementara pekerjaan badan tunnel 1 dan 2 sudah selesai 100%, saat ini pekeraan tunnel dilanjutkan dengan pembuatan dinding penahan tanah atau retaining wall pada masing-masing sisi tunnel. Setelah itu dilanjutkan dengan penimbunan kembali tanah yang digali atau proses back fill. Dalam proses ini tim menggunakan dua set dozer dan vibro roller.

Kemudian pekerjaan box culvert untuk saluran, drainase Hauraton dan box ducting utilitas di beberapa area yang sudah dalam tahap finishing. Pekerjaan box saluran menggunakan pre-cast atau pra-cetak, nah teknik ini yang membuat waktu pekerjaan menjadi cepat.

Pekerjaan pemasangan sistem drainase Hauraton dilakukan pada area track lane, drainase yang digunakan bukan sembarang drainase loh!. Sistem drainase yang digunakan di street circuit tentu saja sudah mendapatkan lisensi FIM, pastinya drainase ini digunakan di beberapa sirkuit di dunia. Pemasangan drainasenya pun membutuhkan ketelitian yang tinggi dan tim juga mendapatkan supervisi dari ahli yang didatangkan dari Jerman.

Post a Comment