New Layer 12 - 14 NOV ROUND 11 INDONESIA MANDALIKA CIRCUIT

Mandalika International Street Circuit

Street Circuit di The Mandalika akan memiliki panjang 4,31 Km dengan 17 tikungan. Paddock Area Street Circuit Mandalika sendiri akan sanggup menaungi 40 garasi. Kapasitas Grand Stand Seating Street Circuit Mandalika mencapai lebih dari 50.000 tempat duduk, sementara Non-Seated Area (tribune berdiri) sanggup menampung 138.000 orang. Kalian juga bisa menonton MotoGP di Hospitality Suites yang direncanakan akan berkapasitas 7.700 penonton!
Ketika tidak ada balapan, fasilitas-fasilitas tersebut termasuk sirkuitnya berubah fungsi menjadi jalan raya biasa. Jadi, Paddock, Grand Stand Seating, Non-Seated Area (tribune berdiri), dan Hospitality Suites bersifat sementara.

Informasi Penting

Full name    : Mandalika International Street Circuit, Lombok

Circuit Address   : Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, LOT BS2, Pujut, Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat,  Indonesia

Email                     : admin@themandalikagp.com

Nearest City         : Mataram, Lombok

Time zone             : GMT +8

Currency               : IDR

Electric plug type : I

Temperature          : 28-36 Celcius

Circuit Entry GPS Coordinate  : -8.898481129229541, 116.30462003912918

Transportation (Plane)

Airport        : Lombok International Airport

Telephone  : +62 370 6157000
Contact Center: 172

Motorsport Federation

Name     : Ikatan Motor Indonesia (IMI)

Address  : Jl. Minangkabau No.37, Manggarai DKI Jakarta, Indonesia 12970

Email       : imi@imi.co.id

Emergency Phone           

Police                       : 110
Ambulance               : 118 and 119
Firefighters               : 113 or 1131
Search and Rescue : 115

Kawasan Mandalika termasuk wilayah yang beriklim tropis, dengan dua musim, yaitu musim kemarau yang berlangsung antara April hingga Agustus, dan musim hujan antara bulan September hingga Maret dengan temperature / suhu udara pada Tahun 2010 rata – rata berkisar antara 23,91 0C sampai 31,94 0C dan suhu maksimum terjadi pada bulan April dengan suhu 32,90 0C serta suhu minimum 22,80 0C terjadi pada bulan Juli. Kelembaban udara berkisar antara 82%, kelembaban udara maksimum terjadi pada Mei sebesar 85% sedangkan kelembaban minimum terjadi pada bulan Agustus sebesar 79%.

 

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang menyimpan pesona alam eksotis. Bali merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang menjadi tujuan utama wisatawan mancanegara. Saat ini, tidak jauh dari Bali, terletak di ujung selatan Pulau Lombok dibangun Sirkuit Internasional Mandalika. Dengan keindahan pantai yang luar biasa, sirkuit Mandalika akan menampilkan atraksi olah raga tingkat dunia.
Mandalika sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) menempati area seluas 1,035 Ha menghadap Samudera Hindia, memiliki konsep pengembangan pariwisata berwawasan lingkungan dan berorientasi kepada kelestarian nilai dan kualitas lingkungan hidup yang ada di masyarakat. KEK Mandalika diproyeksikan menarik investasi sebesar Rp.40T dan diproyeksikan dapat menyerap tenaga kerja sebanyak 587.000 tenaga kerja hingga tahun 2025.

Mencari Penginapan

Jika Anda ingin menginap di Mandalika Lombok ada beberapa pilihan akomodasi berdasarkan budget. Mandalika sebagai kawasan yang masih tumbuh dan berkembang saat ini memiliki sekitar 10,000 kamar hotel dan 20,000 kamar homestay. Mengantisipasi tingginya pengunjung saat adanya balapan, maka pesan sejak awal merupakan langkah yang tepat.
Namun jika Anda tidak mendapatkan penginapan di sekitar Mandalika, masih terdapat alternatif menginap di kota terdekat yaitu Mataram. Dengan perjalanan sekitar 1 jam, sebagai ibu kota propinsi Lombok, Mataram memiliki jumlah kamar yang memadahi.

Jelajah Mandalika, Lombok

Di kawasan Mandalika terdapat beberapa spot pantai yang sangat indah. Yang paling dekat dengan sirkuit Mandalika adalah pantai Kuta. Pantai Kuta memiliki fasilitas umum yang sangat lengkap. Di sebelah timur, terdapat pantai Seger yang memiliki bentuk tanjung. Pantai ini menjadi tempat atraksi budaya Festival Bale Nyale yang merupakan bentuk penghormatan dan peringatan pada mitos Putri Mandalika.
Selain pantai Kuta dan Seger, terdapat juga pantai-pantai yang tak kalah indah dan alami yaitu pantai Sereting, Tanjung Aan, Gerupuk. Selain pantai tedapat Bukit Merese yang merupakan spot untuk menikmati Mandalika dari ketinggian. Di bukit ini, kita bisa menatap keindahan pantai-pantai tersebut.
Selain wisata alam, terdapat wisata budaya di sekitar Mandalika ini. Penduduk asli Lombok ini adalah suku Sasak. Di sekitar Mandalika terdapat kampung-kampung budaya Suku Sasak. Kampung budaya ini mempertahankan kearifan lokal suku Sasak.

Tips berkunjung ke Mandalika

Sebagai daerah tropis, di hampir setiap waktu kondisi sekitar Mandalika Lombok sangat cerah. Pada musim kemarau, cuaca sangat cerah meskipun cenderung panas.
Sebagai kawasan yang baru tumbuh dan berkembang menjadi tujuan wisata tingkat dunia, kondisi infratruktur penunjang wisata masih belum selengkap Bali. Misalnya akomodasi masih terbatas, jika ingin menginap di Mandalika Lombok sebaiknya melakukan pemesanan lebih awal untuk menjamin ketersediaan.
Mayoritas penduduk Lombok mayoritas beragama Islam yang patuh, kondisi ini mempengaruhi gaya kehidupan sosial masyarakat. Sehingga perjudian merupakan sesuatu yang dilarang.
Keramaian kehidupan malam di Lombok masih sepi jika dibandingkan Bali. Keramaian kehidupan malam ada di sekitar Gili Trawangan.
Salah satu keunggulan Lombok dibanding Bali adalah ketenangan. Pantai-pantai masih alami dan cenderung sepi, demikian juga jalanan juga lebih lenggang dibanding Bali.

Tahukah kamu?

Sirkuit Mandalika merupakan sirkuit jalanan pertama di dunia. Lokasi sirkuit di pinggir pantai menawarkan keindahanan yang alami.
Pada tahun 1997 merupakan kali pertama dan terakhir penyelenggaraan WSBK, kini setelah 23th absen WSBK akan hadir kembali ke Sirkuit Internasional Mandalika.

Sirkuit

Mandalika International Street Circuit

Race Trek Length                 : 4,3 Kilometers

Longest Straight Length       : 723 Meters

Start/Finish Straight Length   : 507 Meters

Number of Turns                   : 17 Turns (11 right turns and 6 left turns)

Pole Position                         : Left

Website and Official Social Media

Website        : https://www.themandalikagp.com/
Instagram     : @themandalikagp / MGPA Official
Facebook      : Mandalika Grand Prix Association
Twitter           : @themandalikagp
YouTube        : Mandalika Grand Prix Association

Bagaimana Cara Sampai

Bagaimana Cara Sampai
Rute utama menuju sirkuit dari bandara Internasional Lombok adalah melalui jalan raya Kuta Lombok, perjalanan membutuhkan waktu 30 menit menggunakan mobil.
Airport
Zainuddin Abdul Madjid International Airport, Tel: +623706157000 (http://www.lombok-airport.co.id/)
Distance from Circuit : 20.2 KM
GPS Circuit
-8.898481129229541, 116.30462003912918